NIKMATNYA TEMPE BAKAR


Sumber : Dokpri
Wangi asap menyengat hidung siapa saja yang melewati Pleburan, Semarang. Surga bagi para penduduk nya dengan kulinernya yang kaya. Salah satu kuliner yang menurut saya unik, yaitu gorengan bakar. Lebih tepatnya tempe bakar.

Penjepit besi degan ukuran sedikit lebih kecil mirip penjepit yang biasa untuk membakar ayam bakar. Tempe yang dibakar dilumuri dan direndam dahulu ala ayam bakar. Bumbu yang terdiri dari sambal kacang bisa dipilih sesuai selera masing-masing. Kalau mau pedas bisa dibanyakin sambalnya.
Peminat tempe bakar harus mengusahakan datang tidak pas dalam keadaan lapar, karena tungku bakarnya masih menggunakan arang kayu. Sehigga agak lama kalau harus nunggu. Tapi proses pembakaran seperti ini menambah cita rasa tersendiri.

Sumber : Dokpri
Bumbu yang dipakai bisa meresap, meski agak terasa pahit, karena sudah biasa kan makan tempe yang gurih. Namanya juga bakaran, pasti ada lah bagian tempe yang agak gosong. Ada juga rasa manis dan pedasnya yang membuat tempe lebih berkelas karena bumbu yang dioleskan khas dari bumbu ayam bakar. Lebih mantap lagi jika disajikan dalam keadaan hangat, alias makan di tempat. Eits, jangan banyak-banyak, sekali-kali bleh lah, enggak baik buat kesehatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENCICIPI KAKI KAMBING